Senin, 27 Juni 2016

RPP KELAS 2 SEMESTER 1 TEMA LINGKUNGAN SUBTEMA TUGAS SEHARI - HARI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan             :  SD N Bumiayu.
Kelas / Semester                  :  2 / 1
Tema / Topik                       :  Tugasku Sehari-Hari
Petemuan ke                        :  1
Semester                               :   (satu)
Alokasi Waktu                    :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI

1.        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang  mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia

§  Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
§  Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
§  Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
§  Mendengarkan  pesan pendek,  larangan, permintaan, penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan memberikan tanggapan yang sesuai
§  Bercerita tentang pengalaman yang mengesankan Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup hemat energi
§  Berbicara spontan tentang diri sendiri dan keluarga
§  Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan pengalamannya
§  Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.) kepada teman, anggota keluarga

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

§  Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
§  Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.
§  Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan
§  Memiliki perilaku hidup sehat
§  Memahami  dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis)  dan lingkungan sekolah (halaman sekolah)

C. INDIKATOR

Bahasa Indonesia

§  Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
§  Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
§  Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
§  Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
§  Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
§  Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

§  Menyebutkan alat-alat kebersihan yang digunakan untuk membersihkan kelas
§  Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di halaman sekolah.

D. TUJUAN

§    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
§     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
§   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
§     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.  MATERI
Bahasa Indonesia
§  Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
§  Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
§  Sikap senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan isi pikiran kepada teman, Guru dan orang lain.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
§  Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan kelas dan halaman
§  Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk, memutar dan melompat.

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi           : Cooperative Learning
Teknik             : Example Non Example
Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
§ Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
§ Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
§ Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
§ Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
§ Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang TUGASKU SEHARI HARI
10 Menit
Inti
§ Memilih sikap disiplin dari kecil yang diajarkan oleh orang tua
§ Menyusun jadwal memakai seragam sekolah.
§ Menceritakan tugas diri sendiri yang sudah ditugaskan orang tua.
§ Memasangkan manfaat mematuhi aturan yang berlaku di dalam keluarga.
§ Memasangkan akibat tidak  mematuhi aturan yang berlaku di dalam keluarga.
§ Mengamati berbagai gambar lalu guru mengajukan pertanyaan kepada siswa, mengapa pakaian yang dijemur jadi kering, kompor menyala, setrika bisa panas, senter dan lampu dapat menyala, serta mobil bisa bergerak?
§ Menyimpulkan sumber-sumber energi yang di- gunakan di rumah dan lingkungan sekitar (matahari, angin, batere, gas, bensin, minyak tanah, dan generator)
§ Menyanyikan lagu-lagu mengenai keindahan alam di indonesia ( Misal : Lagu Tamasya, Cemara dll )
§ Menceritakan kegiatan dirumah dan sekolah tentang menjaga kebersihan sebagai bentuk kepedulian siswa dalam melestarikan alam
§ Mengingat hasil penjumlahan sampai 5, sampai 10 dan sampai 20
§ Guru memberikan penjelasan tentang jenis pemanasan yang sesuai dengan aktivitas fisik yang akan dilakukan
§ Mempraktekkan gerak lompat ke kiri/kanan dengan satu kaki
§ Mempraktekkan gerak menangkap bola dari arah kiri badan menggunakan tangan kiri
§ Mempraktekkan gerak mengayunkan lengan ke depan dan ke belakang sambil melangkahkan kaki
§ berani  mengungkapkan gagasannya melalui kegiatan hasta karyanya
§ Memperlihatkan dengan bangga hasil karyanya kepada teman sambil menceritakan  maksud hasil karyanya tersebut
§ Menanggapi hasil karya  teman dengan bahasa yang santun
§ Memilih jenis karya yang akan dibuat setelah mengamati beberapa karya kreatif yang disarankan guru
§ Mendesain karya kreatif berupa hiasan ( hiasan dinding, hiasan meja dll ) dari bahan alam
§ Melipat menggunting merekat membuat karya 3 dimensi dari bahan yang berada di lingkungan sekitar ( aneka kertas ) bangga dengan hasil karyanya
§ Memuji hasil karya teman
§ Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah  dan halaman yang sehat dan tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
§ Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
§ Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
§ Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
§ Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
§ Mendorong keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.
§ Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)
§ Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati / mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
§ Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
§ Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
§ Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar )
§ Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)
§ Guru mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
§ Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
§ Guru membagi gambar kepada masing - masing kelompok
§ Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
§ Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
§ Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)
Penilaian proses:
§ Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
§ Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
§ Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
§ Gambar-gambar untuk Example non Example
§ Kelompok gambar kebersihan kelas
§ Gambar kegiatan menyapu kelas
§ Gambar kegiatan membersihkan debu
§ Gambar kegiatan menata buku
§ Membersihkan jendela kelas
§ Kelompok gambar kebersihan rumah
§ Gambar kegiatan menyapu rumah
§ Gambar kegiatan mengepel lantai
§ Gambar kegiatan menata tempat tidur
§ Gambar kegiatan  membersihkan/menyapu kebun
§ Kelompok  gambar kebersihan lingkungan / kerja
 150 Menit
Penutup
§ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§ Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§ Melakukan penilaian hasil belajar
§ Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
§ Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
§ Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.
15 menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
§   Diri anak
§    Lingkungan keluarga
§    Lingkungan sekolah
§    Buku Tematik Kelas 2
§    Buku Pengembangan Diri Anak
§    Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir)
2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
§  Penilaian Kinerja
§  Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
§  Pilihan ganda
§  Isian singkat
§  Esai atau uraian

CATATAN :
Nilai = (Jumlah skor : Jumlah skor maksimal) X 10
@untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remidial




Mengetahui,
Dosen Pengampu



(Arfilia Wijayanti,S.Pd.,M.Pd.)
NIP / NIK : ..........................

Semarang ,  28  Juni  2016


Mahasiswa.



(Fabiatul Ikmah)
NPM : 14120463


Tidak ada komentar:

Posting Komentar