RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SD N Bumiayu.
Kelas / Semester :
2
/ 1
Tema
/ Topik :
Tugasku Sehari-Hari
Petemuan ke :
1
Semester :
1 (satu)
Alokasi Waktu :
1
Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama
yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman
dan
guru
3.
Memahami
pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah dan sekolah sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
§ Menyapa dan
menyampaikan ucapan selamat, terima kasih
atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
§ Gemar menggali informasi
melalui membaca dan mendengarkan
dari
sumber lain
berdasarkan rasa
ingin tahu
§ Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan
sehari-hari
§ Mendengarkan
pesan
pendek, larangan, permintaan, penolakan, teks pendek,
lagu anak-anak dan memberikan tanggapan yang
sesuai
§ Bercerita
tentang pengalaman yang
mengesankan Menceritakan
kegiatan sehari-hari yang menerapkan
pola
hidup hemat energi
§ Berbicara
spontan tentang
diri
sendiri dan keluarga
§ Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada
di lingkungan
sekitar dan
menceritakan pengalamannya
§ Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.) kepada teman, anggota
keluarga
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
§ Menghargai
tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
§ Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan
berbagai
aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.
§ Menunjukkan kemauan
kerjasama
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan yang menyenangkan
§ Memiliki
perilaku
hidup sehat
§ Memahami
dan mempraktikkan cara
menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan
kelas, papan
tulis)
dan
lingkungan sekolah (halaman sekolah)
C. INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
§ Mulai terlihat senang
menggunakan bahasa Indonesia
dalam mengungkapkan pikirannya
kepada
teman, guru, orang tua, dan
anggota
keluarga
§ Mulai terlihat senang
menggunakan bahasa Indonesia
dalam mengungkapkan perasaannya
kepada
teman, guru, dan orang tua
§ Bersikap
khusuk (menjaga
keheningan) dalam mendengarkan doa
§ Mengambil sikap
duduk atau
berdiri dengan
berdiam diri
§ Mencontoh kata-kata
dalam doa yang didengar pada
saat berdoa
sendiri
§
Melafalkan
kata-kata teks doa
dengan jelas
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
§ Menyebutkan alat-alat kebersihan
yang
digunakan untuk membersihkan
kelas
§ Mengidentifikasi jenis sampah yang
ada
di halaman sekolah.
D. TUJUAN
§ Menerima dan menjalankan
ajaran agama
yang dianutnya
§ Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
§ Memahami
pengetahuan faktual
dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang
dijumpainya di
rumah
dan di sekolah
§ Menyajikan
pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
Bahasa
Indonesia
§ Sikap khusuk (menjaga
keheningan) dalam mendengarkan doa
§ Sikap duduk atau
berdiri dengan
berdiam diri
§ Sikap senang menggunakan
Bahasa Indonesia
dalam mengungkapkan
isi pikiran
kepada
teman, Guru
dan orang
lain.
§ Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan
kelas dan
halaman
§ Praktik gerak mengayun, menari, berjalan, berlari, menekuk, memutar dan melompat.
F.
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example
Non
Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan
Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
§ Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengawali
kegiatan
pembelajaran)
§ Melakukan komunikasi
tentang
kehadiran siswa
§ Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
§ Dilanjutkan
dengan
bertanya jawab
tentang syair lagu, mengapa
saling mengucap salam. Dan
apa
bedanya
di kalau pagi
§ Meminta
informasi
dari
siswa mengenai kegiatan
piket yang
telah dilaksanakan
pada pagi hari
dan
bertanya tentang
hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan
kegiatan
pembelajaran.
§ Menginformasikan Tema yang
akan dibelajarkan
yaitu tentang
“TUGASKU SEHARI HARI”
|
10 Menit
|
Inti
|
§ Memilih
sikap disiplin dari
kecil yang diajarkan oleh orang
tua
§ Menyusun jadwal memakai
seragam sekolah.
§ Menceritakan
tugas diri
sendiri yang
sudah
ditugaskan orang
tua.
§ Memasangkan
manfaat mematuhi
aturan
yang berlaku di dalam keluarga.
§ Memasangkan
akibat tidak
mematuhi aturan yang
berlaku
di dalam keluarga.
§ Mengamati
berbagai
gambar lalu guru mengajukan
pertanyaan kepada siswa, mengapa
pakaian yang
dijemur jadi kering,
kompor menyala, setrika bisa
panas, senter dan lampu dapat menyala, serta mobil bisa bergerak?
§ Menyimpulkan sumber-sumber energi yang
di- gunakan di
rumah dan lingkungan
sekitar (matahari, angin, batere, gas, bensin, minyak tanah,
dan generator)
§ Menyanyikan lagu-lagu mengenai
keindahan
alam di indonesia
( Misal : Lagu Tamasya, Cemara
dll
)
§ Menceritakan
kegiatan
dirumah dan
sekolah tentang menjaga
kebersihan sebagai bentuk kepedulian siswa
dalam melestarikan alam
§ Mengingat hasil penjumlahan sampai 5, sampai 10 dan sampai 20
§ Guru
memberikan
penjelasan
tentang jenis pemanasan
yang sesuai dengan aktivitas fisik
yang akan
dilakukan
§ Mempraktekkan gerak lompat ke kiri/kanan
dengan satu kaki
§ Mempraktekkan gerak menangkap
bola
dari arah kiri
badan menggunakan tangan kiri
§ Mempraktekkan gerak mengayunkan lengan
ke depan dan ke
belakang sambil melangkahkan kaki
§ berani
mengungkapkan gagasannya melalui kegiatan
hasta karyanya
§ Memperlihatkan
dengan
bangga
hasil karyanya kepada teman sambil menceritakan maksud hasil
karyanya
tersebut
§ Menanggapi hasil karya teman
dengan
bahasa yang santun
§ Memilih
jenis karya yang
akan dibuat setelah
mengamati beberapa
karya kreatif yang
disarankan
guru
§ Mendesain
karya kreatif berupa hiasan
( hiasan dinding, hiasan
meja dll ) dari
bahan
alam
§ Melipat menggunting merekat membuat karya 3 dimensi
dari bahan yang
berada di lingkungan
sekitar ( aneka kertas ) bangga
dengan
hasil karyanya
§ Memuji hasil
karya
teman
§ Bertanya jawab
tentang
ciri-ciri rumah dan
halaman yang sehat dan
tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
§ Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak
bersih dan tidak
sehat.
§ Memberikan
kesempatan kepada siswa lain
untuk menjawab.
§ Pemerataan
siswa dalam menjawab
(tidak
di dominasi oleh salah satu siswa saja).
§ Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
§ Mendorong keberanian
siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam
memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
§ Guru
menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang
RUMAHKU
(membaca,
mendengar)
§ Diawali dengan memberi
contoh
cara membaca
TEKS: jedanya, lafalnya, tanda
bacanya, dan
kata-kata
yang dibaca
(mengamati / mendengar), semua siswa menirukan
cara membaca dengan benar
§ Selanjutnya menugaskan
siswa secara bergantian
untuk membaca
TEKS (penilaian proses : Memperhatikan cara
siswa membaca (sekaligus menilai
keberanian dan kebenaran dalam membaca)
§ Jika
ada siswa yang
salah dalam melafalkan bacaan langsung
dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang
lain
§ Bertanya jawab
tentang makna bacaan / Teks ( menalar )
§ Melalui pengamatan
gambar rumah
sehat siswa diminta membandingkan
rumah yang bersih dan
sehat dengan
rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih
tidak harus besar).
(eksplorasi dan elaborasi, menyimak
dan
menalar)
§ Guru
mengelompokan siswa berdasarkan teman
satu bangku/2 orang
(asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan
cara siswa mengambil nomor di meja
guru. (nomor merupakan
penanda dari
kelompok)
§ Siswa
berkelompok sesuai
dengan
nomor yang dimiliki.
§ Guru
membagi
gambar kepada masing - masing kelompok
§ Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil
identifikasi
(benda-benda yang ada di
lingkungan sekitar, yang
besar dan yang kecil,
yang bersih). (eksplorasi, elaborasi,
menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
§ Siswa
diminta
untuk menceritakan
hasil identifikasi kepada
teman sebangku (mengkomunikasikan)
§ Setelah tercapai
kesepakatan dengan teman sebangku, diminta
untuk mendiskusikan
dengan kelompok pasangan yang
lain (TPS)
Penilaian proses:
§ Guru
berkeliling mengamati kerjasama anak
dalam mengerjakan tugas.
§ Menilai kerjasamanya, tanggung
jawabnya, kedisiplinannya, ke
aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb)
§ Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
§ Gambar-gambar untuk Example non Example
§ Kelompok gambar kebersihan
kelas
§ Gambar kegiatan menyapu kelas
§ Gambar kegiatan membersihkan debu
§ Gambar kegiatan menata
buku
§ Membersihkan jendela kelas
§ Kelompok gambar kebersihan
rumah
§ Gambar kegiatan menyapu rumah
§ Gambar kegiatan mengepel lantai
§ Gambar kegiatan menata
tempat tidur
§ Gambar kegiatan membersihkan/menyapu kebun
§ Kelompok gambar kebersihan
lingkungan / kerja
|
150 Menit
|
Penutup
|
§ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman
hasil belajar selama sehari
§ Bertanya jawab
tentang materi
yang telah dipelajari
(untuk mengetahui
hasil ketercapaian
materi)
§ Melakukan penilaian hasil
belajar
§ Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
§ Mengamati
sikap siswa
dalam berdo’a (sikap
duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya
dsb)
§ Apabila ada siswa yang
kurang
benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka
setelah selesai
kegiatan
berdo’a, langsung
diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
§ Diri anak
§ Lingkungan keluarga
§ Lingkungan sekolah
§ Buku Tematik Kelas 2
§ Buku
Pengembangan
Diri
Anak
§ Gambar/contoh
langsung hasil
karya gunting, lipat dan tempel
dengan
berbagai bentuk pola dan alur sederhana
I.
PENILAIAN
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan
lisan
(terlampir)
2. Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
§ Penilaian
Kinerja
§ Penilaian
Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
§ Pilihan ganda
§ Isian
singkat
§ Esai atau
uraian
CATATAN :
CATATAN :
Nilai = (Jumlah skor : Jumlah skor maksimal) X 10
@untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remidial
|
Mengetahui,
Dosen Pengampu
(Arfilia Wijayanti,S.Pd.,M.Pd.)
NIP / NIK : ..........................
|
|
Semarang , 28 Juni 2016
Mahasiswa.
(Fabiatul Ikmah)
NPM : 14120463
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar