BAHAN AJAR TEMA
LINGKUNGAN KELAS 2 SD
Siti
adalah siswa kelas 2.
Siti
rajin dan pandai.
Siti
selalu melaksanakan tugas yang diberikan guru.
Di
rumah Siti anak yang berbakti.
Siti selalu membantu Ayah dan Ibu di rumah
Siti
juga seorang anak yang rajin beribadah.
Teman-teman
Siti banyak yang berbeda agama.
Mereka
saling menghormati dalam menjalankan ibadah masing-masing.
Di
lingkungan rumah, Siti memiliki banyak teman.
Mereka sering bermain bersama
TUGASKU SEHARI-HARI DIRUMAH
Amati gambar di bawah dengan cermat!
Ayah, Ibu, Siti, dan Ali merapikan rumah.
Ibu menyapu halaman.
Ayah merawat taman.
Siti dan Ali menyiram bunga.
Semua bekerjasama merapikan rumah.
Siti dan Ali selalu membantu Ayah dan Ibu.
Tugas Siti dan Ali adalah membantu Ayah
dan Ibu.
Jawablah
pertanyaan berikut dengan seksama!
1. Apakah
yang dilakukan Siti?
2. Apakah
kamu suka membantu Ayah dan Ibu?
3.
Apakah kamu dapat
menyebutkan tugasmu di rumah?
Amati gambar di bawah dengan cermat!
OLAHRAGA
- § Gerakan Pemanasan
- § Gerakan Lari
- § Gerakan Pendinginan
Lari pagi sangat bagus untuk menjaga kesehatan.
Gerakan lari harus dilakukan dengan benar.
Sebelum lari tubuh harus dipersiapkan.
Tubuh akan cedera apabila tidak dilakukan pemanasan.
Siti mengenakan kaos dan celana training ketika
lari pagi.
Siti juga mengenakan sepatu olahragaubtema
ugasku Sehari-hari di Ruma
Siti selalu melakukan persiapan sebelum lari pagi.
Berilah tanda centang Siswa Kelas II SD/MI
untuk kegiatan yang diperbolehkan atau tanda silang
untuk kegiatan yang tidak diperbolehkan sebelum melakukan lari!
Ceritakan dengan percaya diri!
Sekarang kamu ceritakan di depan teman-temanmu tentang
kegiatan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan sebelum lari!
Tuliskan kesimpulanmu!
Mengapa kamu tidak diperbolehkan melakukan gerakan lari tanpa pemanasan?
Selain melakukan kegiatan lari pagi Siti melaksanakan tugas
lain di rumah.
Anak yang baik selalu mematuhi tata tertib di rumah. Siapakah
yang belum tahu tugasnya di rumah?
Amati kegiatan Siti di rumah dengan cermat!
Berilah tanda centang Atau tanda silang
untuk tugas yang sesuai tata tertib!
untuk kegiatan yang tidak sesuai tata tertib!
Menyayangi Hewan dan Tumbuhan
di Sekitar Rumah
Perhatikan Cerita di bawah dengan cermat!
Siti memelihara burung merpati
Siti berada di belakang rumah.
Di sana terdapat pohon bambu.
Pohon bambu ditiup angin bergoyang ke kanan dan ke kiri.
Gerakan pohon bambu sangat indah.
Setiap hari Siti memberi makan burung merpati.
Burung merpati terbang dengan sayap.
Gerakan burung sangat indah
Dapatkah kalian menirukan gerak terbang burung?
Dapatkah kalian menirukan gerak pohon bambu?
Jawablah pertanyaan dengan percaya diri!
1.
Menurut
pendapatmu apakah gerakan burung terbang dan pohon itu indah? ______________________________________________________________________
2.
Apakah
kamu pernah memperhatikan gerakan hewan atau tumbuhan di sekitar rumahmu?
______________________________________________________________________
3.
Bagaimana
jika gerakan tersebut ditirukan manusia?_____________________________
Buatlah pertanyaan tentang gerak tumbuhan dan hewan!
Sampaikan kepada gurumu dan teman-temanmu!
Pertanyaan:
Gerak Pohon Bambu Gerak Burung Terbang
Lakukan dengan percaya diri!
Sekarang kamu tirukan gerakan burung dan gerakan pohon
bambu di atas!
Siti hari ini mendapatkan tugas dari guru.
Siti mengerjakan tugas di rumah dengan baik.
Ayah dan Ibu membimbing Siti mengerjakan tugas.
Amati gambar di bawah dengan cermat!
1.
Apakah
tugas yang dilakukan Siti? ___________________
2.
Apakah
tugas yang dilakukan Ayah?__________________
3.
Apakah
tugas yang dilakukan Ibu? ___________________
Dapatkah kamu menuliskan tugas mereka? ___________
Buatlah pertanyaan tentang tugas anggota keluarga!
Sampaikan kepada gurumu dan teman-temanmu!
Pertanyaan:
Tuliskan tugasmu,
Ayah, dan Ibu di rumah
berdasarkan pengalamanmu!
Tugasmu
______________
______________
______________
______________
Tugas Ayah
______________
______________
______________
______________
Tugas Ibu
______________
______________
______________
______________
Berlatihlah dengan percaya diri!
Sekarang kamu gambarkan jarum jam (panjang dan pendek)
sehingga menunjukkan waktu yang ada!
Siti Salat Zuhur pukul 12.00.
Ayah menyiapkan kendaraan pukul 06.00.
Ibu memasak pukul 04.00.
Siti belajar pukul 07.00 malam.
Adik pergi ke sekolah pukul tujuh tepat.
Perhatikan Cerita berikut dengan cermat!
Kegiatan setelah upacara adalah belajar di kelas.
Semua siswa bersemangat menuju kelas untuk belajar.
Setiap hari, sebelum belajar anak-anak berdoa.
Semua berdoa dengan khusyuk.
Berdoa memohon kepada Tuhan agar kita diberi kemudahan.
Berdoa salah satu bentuk penerapan sila pertama Pancasila.
Menjalankan perintah Tuhan adalah tugas siswa.
Guru membimbing siswa dalam belajar kelompok.
Masing-masing kelompok mendapat tugas dari guru.
Mereka berdiskusi dan saling bekerjasama.
Beberapa siswa berbeda suku, bahasa, dan agama.
Semua kompak dan saling menghargai.
Buku Siswa Kelas II SD/MI
Jawablah pertanyaan di bawah dengan seksama!
1. Apakah kamu menemukan tugasmu yang berhubungan
dengan kewajiban kepada Tuhan? _________________________________________________________________________
2. Adakah siswa yang mengganggu teman dalam berdoa?
_________________________________________________________________________
3. Bagaimana sikap kamu ketika teman beragama
lain sedang berdoa?
_________________________________________________________________________
Lambang Bunyi Sila Lambang Bunyi Sila
Garuda Pancasila
Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Tidak ada komentar:
Posting Komentar